Sejarah

Sejarah Singkat SMKN5 Kabupaten Tebo
Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang, karena mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. SMK Negeri 5 Tebo sebagai lembaga pendidikan kejuruan memiliki komitmen yang tinggi untuk ikut serta mewujudkan generasi mendatang yang berkualitas, memiliki akhlak mulia, professional dan tangguh dalam persaingan akademik dan dunia kerja, kreatif serta adaptif dalam menyikapi perkembangan IPTEK di era global.
SMK Negeri 5 Tebo merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang didirikan pada tahun 2009 dengan status kepemilikan pemerintah daerah Kabupaten Tebo dengan status negeri dengan nomor SK pendirian Sekolah No.201 tahun 2009 tertanggal 11 Juli 2009 dan di sahkan oleh Bapak Bupati Drs. Majid Muaz. SMK Negeri 5 dari awal pendirian hingga saat ini dipimpin oleh kepala sekolah Ngadiono, SPd. SMK Negeri 5 terletak di Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.
Pada awal pendiriannya tahun 2009, SMK Negeri 5 memiliki tiga gedung. Gedung pertama memiliki luas 28 x 8 meter yang terbagi dalam 5 ruang. Ruang pertama digunakan untuk Workshop (bengkel otomotif), Ruang dua digunakan untuk ruang pembekalan praktik, Ruang tiga digunakan untuk kantor sementara, Ruang empat digunakan untuk gudang dan ruang 5 digunakan untuk ruang serba guna. Gedung kedua dan ketiga memiliki ukuran yang sama yaitu seluas 24 x 8 meter yang masing-masing gedung terbagi dalam tiga ruang dengan luas 8 x 8 meter. Kedua gedung ini digunakan untuk kegiatan belajar siswa. Selain itu pembangunan gedung sekolah dilengkapi pula dengan pembangunan WC/Toilet untuk siswa dan siswi.
Periode pertama SMK negeri 5 Tebo membuka dua kompetensi keahlian atau jurusan yaitu Teknik Otomotif Sepeda Motor dan Akuntansi. Jurusan Otomotif memiliki siswa sebanyak 17 siswa dan jurusan akuntansi memiliki 10 siswa.

Pada periode kedua tahun 2010 SMK Negeri 5 menambah program kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Hingga penulisan ini dilakukan SMK Negeri 5 telah memiliki tiga jurusan yaitu Teknik Otomotif Sepeda Motor, Akuntansi dan Jurusan Teknik Komputer dan jaringan.
Dari jumlah siswa yang selalu meningkat setiap tahun dan kebutuhan ruang yang tidak mencukupi, maka SMK Negeri 5 pada tahun 2012 membangun tiga gedung baru yang digunakan untuk Ruang Praktek Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan serta dua gedung untuk ruang belajar siswa. Dengan penambahan gedung baru tersebut diharapkan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Dengan meningkatnya jumlah siswa setiap tahun, pemerintah senantiasa mensupport perkembangan tersebut dengan memberikan bantuan pembangunan gedung-gedung baru baik Ruang Kelas Baru maupun Ruang Praktik Siswa, Perpustakaan dan sarana belajar yang memadai.

Pada tahun 2020 ini SMKN 5 Tebo telah memiliki 1 Ruang Kantor, 9 Ruang Belajar, Workshop/Bengkel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Lab. TKJ, LAB. AKL, LAB. IPA/Kimia, Perpustakaan, Ruang Ibadah, Ruang UKS, Koperasi serta sarana olahraga yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *